4 Tips Agar Komputer Tidak Cepat Panas

4 Tips Agar Komputer Tidak Cepat Panas

Komputer sudah menjadi hal perangkat elektronik wajib di setiap kantor, bahkan mulai dari anak SD hingga karyawan kantoran hamper rata semua menggunakannya. Merupakan alat terpenting di abad ini kini komputer semakin canggih dan membuat pekerjaan kita semakin mudah dengan berbagai macam fiturnya.

Namun di balik kelebihan computer ini tentunya juga sudah pasti komputer atau laptop juga bukanlah alat yang sempurna dalam artian pasti memiliki kelemahan atau kekurangan. Salah satu kekurangan dari pada komputer ini ialah kembali ke bagian dasar dari pada computer tersebut yang merupakan barang elektronik. Di mana kita semua tentu sudah tahu bahwa alat elektronik apapun yang bersumber tenaganya dari listrik jika di gunakan apalagi dalam jangka waktu yang lama akan mengeluarkan panas.

Nah panas yang berlebihan ini akan membuat kinerja dari computer berkurang, namun  demikian anda tak perlu khawatir karena komputer PC sekarang sudah di lengkapi dengan fan atau kipas angin yg terhubung dengan motherboard di dalam CPU atau PC (Personal Computer) tersebut. Meski membantu namun tetaplah anda sebagai pengguna harus merawat computer anda tersebut agar tetap bisa di gunakan secara maksimal.

Untuk kamu yang ingin tahu cara merawat komputer kami beritahu 4 tips agar komputer agar tidak cepat panas sebagai berikut :

1. Jaga agar ventilasi udara dengan kompresor tetap bersih dan tidak tertutup.

Komputer yang anda gunakan setiap hari sangat rentan untk kemasukkan debu dan akan menghalangi kipas untuk berputar. Untuk tips awal anda bisa membersihkan selalu kipas angina tau van di laptop agar aliran udara kipas angin tidak terhalang oleh debu yang menempel. Juga anda harus memastikan bahwa tidak ada sesuatu pun yang akan membuat udara panas dari dalam komputer keluar.

2. Ganti Pasta Di PC

Setelah debu dari komponen PC tersebut anda bersihkan, selanjutnya gantilah thermal paste di PC anda. Hal ini akan membuat transfer panas dari PC ke heatsink jadi lebih bagus. Namun walapupun thermal paste sudah di ganti tapi heatsink nya masih berdebu atau kipas angin tidak berputar normal maka tips di atas tidak akan berguna bagi PC.

3. Hapus atau Uninstall Program Yang Tidak Penting

Semakin banyak program yang anda jalankan maka panas PC dan prosessor juga akan bertambah. Sebaiknya program yang tidak di gunakan di tutup saja. Selain itu ada juga program yang masih berjalan pada sistem (running in the background).

4. Aturlah Power Plan Dengan Bijak

Untuk anda pengguna  Windows Vista, 7, dan atau Windows 8, Di Microsoft ada yang namanya fitur ‘Power Plan’ fungsinya untuk mengatur pengguaan hardware dan konsumsi energi di dalam PC anda.

Oleh karena itu tetap atur power plan yang di gunakan sesuai dengan keadaan. Jika komputer anda cuma untuk browsing internet, maka ubahlah ke ‘Power Saver’. Cara untuk mengakses Power Plan ini yakni dengan klik Start (Buka Start Screen jika menggunakan Windows 8) kemudian ketik ‘Power Plan’ lalu tekan enter. Nah anda tinggalh mengubah ke mode ‘Power Saver’.

Demikianlah 4 tips mudah untuk menjaga agar computer tidak cepat panas, selain itu juga sesekali bukalah CPU komputer anda. Bersihkan komponen – komponen di dalam CPU anda karena di dalamnya akan banyak debu yang menempel. Dengan demikian akan member ruang bagi panas agar keluar dengan sempurna.  Untuk anda yang ingin mengetahui informasi ataupun harga komputer bisa ke Toko Komputer Merak Jingga di Medan di sana kamu bisa memilih komputer sesuai yang anda butuhkan.

Share this post