6 Tips Mudah Sebelum Merakit PC Rakitan

6 Tips Mudah Sebelum Merakit PC Rakitan

Untuk anda yang membutuhkan PC atau Personal Computer sangat banyak komputer yang banyak di jual di pasaran, tinggal datang dan mengunjungi toko komputer maka anda akan di tawarkan banyak model dan tiper komputer yang anda butuhkan. Mulai dari yang berspek rendah maupun samapi komputer yang bertipe tinggi yang biasa di gunakan untuk gaming dan design yang memerlukan komputer berspek tinggi.

Namun bila anda memang sudah terbiasa dengan komputer maupun komponen komputer maka anda bisa merakit komputer anda sendiri. Berarti ini hanya untuk yang expert? Tentu tidak, tips merakit komputer berikut ini bisa di lakukan oleh siapa saja yang penting bisa membaca dan tentu melakukan semua kegiatan dengan aman dalam artian tidak dalam keadaan basah ataupun mabuk dan dengan peralatan yang di butuhkan. Inilah 6 tips mudah sebelum merakit PC rakitan :

  1. Hindari Listrik Statis

Hindari merakit komputer di atas karpet atau dengan kaos kaki, listrik statis bisa terjadi karena gesekan yang terjadi antara celana anda dengan karpet, maupun kaos kaki dengan karpet anda. Komponen PC itu sensitif terhadap tegangan listrik. Rakitklah di atas permukaan meja atau permukaan yang rata. Jadi anda harus menghilangkan listrik statis di dalam tubuh dengan menyentuh terlebih dahulu atau memegang objek metal yang tertanam ke dalam tanah (grounded).

  1. Simpan Manual Book Mother Board

Untuk mengamankan jika anda lupa kabel mana yang harus di sambungkan ketika memasang motherboard sebaiknya simpan buku panduan Mother board anda.

Baca juga : distributor komputer Medan

  1. Power Supply

Pilihlah power supply yang mumpuni karena anda bisa memperpanjang umur CPU anda dengan PSU yang berkualitas. Karena kartu grafis yang tinggi hanya akan berjalan dengan maksimal jika di sandingkan dengan Power Supply yang juga tinggi.

  1. Susunlah Kabel Dengan Rapi.

Kabel di dalam CPU sebaiknya anda rapikan dengan memberi perekat atau mengikat dengan kabel T, Jika tidak maka akan menyebabkan kesemrawutan di dalam CPU dan bisa mengganggu kelancaran daripada sirkulasi udara di dalam PC. Hal ini juga akan mengakibatkan banyak debu yang menempel dan bisa memperlambat fan komputer.

  1. Berhati-hati Ketika Memegang I/O Shield

I/O Shield merupakan plat besi penyangga sebelum mother board di pasang agar mudah mengenali komponen. Nah bagian tepi I/O Shield ini sangat tajam, jadi berhati-hatilah ketika memegang tepinya atau jari anda akan terluka karenanya.

  1. Simpan Buku Garansi Dan Kwitansi

Sebagai bukti pembelian dan garansi jika terjadi kerusakan maka anda harus menyimpan bukti tersebut jikalau di kemudian hari ada barang yang rusak anda hanya tinggal menunjukkan bukti tersebut dan membawa barang yang rusak.

Itulah beberapa tips sebelum anda melakukan perakitan pada komponen yang anda beli di www.hokijayakomputer.com , nah untuk teknis perakitannya anda bisa browsing di internet atau lihat di youtube banyak sekali tutorialnya tersedia di sana. Karena jika anda melihat video tentu akan mempermudah anda dalam hal perakitannya dengan langsung praktek.

Untuk itu sebaiknya anda mengajak teman atau guru anda yang memang sudah sering memasang komputer atau merakit komputer. Dengan demikian maka anda akan melihat secara langsung bagaimana setiap komponen itu di pasang, sesering mungkin anda melihat cara memasang komponen dan melihat tutorial di youtube maka akan semakin mengasah kemampuan anda apa lagi langsung anda praktekkan. Semoga berhasil.

Share this post