7 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

7 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama
Memiliki laptop yang digunakan untuk membantu pekerjaan kita mesti kita rawat sebaik mungkin. Apalagi dengan baterai nya, kita harus tahu cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama karena ini yang akan menentukan seberapa lama kita bisa pakai laptop tanpa listrik.
Sebab dengan daya tahan baterai awet pastinya akan sangat membantu kegiatan kita sehari-hari yang sudah terbiasa dengan laptop.

Zaman sekarang sudah ada berbagai jenis laptop yang memiliki baterai yang besar kapasitasnya. Namun karena kebiasan pemakai yang tidak terlalu peduli dengan perawatan maka membuat baterai laptop drop ,cepat habis dan tidak tahan lama. Berikut ini kita bahas beberapa tips cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama.

1. Tingkat Kecerahan Layar Laptop
Penyebab baterai laptop cepat habis biasanya di pengaruhi oleh tingkat kecerahan. Semakin tinggi tingkat kecerahannya akan memakan lebih banyak daya dibandingkan penggunaan hardware lainnya. Lebih baik Anda mengurangi tingkat kecerahan (brightness) pada led monitor laptop. Hal ini biasanya yang pertama kali yang dilakukan para pengguna laptop terutama yang memakai windows agar baterai laptop tidak drop.

2. Jumlah Aplikasi Yang Berjalan
Saat kita menghidupkan laptop otomatis akan banyak aplikasi yang running (berjalan). Dengan windows task manager Anda bisa cek apa saja aplikasi yang berjalan. Biasanya jumlah aplikasi terlalu banyak akan membuat baterai laptop boros. Mulai lah mencek aplikasi yang tidak di gunakan agar bisa di hapus dari laptop Anda. Selain agar baterei laptop awet ternyata juga membantu performa laptop bekerja lebih bagus dan tidak lemot.

3. Matikan WIFI
Sepertinya terlalu banyak tempat yang menawarkan spot wifi gratis atau pun berbayar. Jika Laptop anda menggunakan wifi yang terus menyala otomatis wifi pada laptop akan mencari sumber wifi. Kinerja yang ini sebenarnya menguras daya baterai laptop lebih cepat. Oleh sebab itu ada baiknya Anda mematikan wifi .

4. Charging baterai jangan sampai 0%
Saat kita bekerja menggunakan laptop kadang kita tidak sadar menggunakan terlalu lama hingga menguras habis hingga 0%. Ini jelas menyebabkan baterai laptop rusak dan umur baterai laptop tidak awet. Untuk menghindari kerusakan baterai ada baiknya mencas laptop apabila beterainya sudah di bawah 20%. Supaya baterai tidak cepat drop dan rusak. Sebaiknya juga kita menghindari menggunakan laptop dalam keadaan mencharging.

5. Charging Laptop Dalam Keadaan Mati
Laptop dalam keadaan mati lebih bagus di charging. Karena baterai akan lebih cepat terisi penuh di bandingkan ketika menyala. Disamping itu baterai lebih cepat panas saat kondisi hidup di charger.

6. Gunakan Charger Original
Jika mau batere laptop awet lebih baik menggunakan charger asli produk nya. Jika merek laptop Anda ASUS maka gunakan produk Asus. Memang jika dibandingkan ke harga charger original pasti lebih mahal, tetapi efek buruknya bisa merusak baterai laptopnya. Terkadang kita terbiasa meminjam charger teman karena mungkin port nya sama tetapi sebenarnya arusnya bisa berbeda ini bisa menjadikan baterai cepat rusak. Jika Anda ingin melihat berbagai jenis charger original bisa melalui website hokijaya atau berkunjung ke toko komputer medan .

7. Charging Laptop Hingga 100
Saat mencharging laptop kita juga harus tahu kapan untuk memutus arus listriknya atau mencabut chargernya. Setiap kali charging laptop usahakan terisi penuh hingga 100 %. Setelah mencapai angka 100% maka Anda harus memutus chargernya agar baterai laptop tidak cepat rusak.

7 tips cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama di atas di harapkan bisa membantu Anda agar tetap bisa menggunakan laptop dengan baterai lebih lama. Terutama jika listrik di rumah mati, kita masih tetap bisa bekerja menggunakan laptop .

Share this post