Efek Buruk Jarang Mematikan Komputer atau Laptop Anda

Efek Buruk Jarang Mematikan Komputer atau Laptop Anda

jarang mematikan komputer laptopMemiliki komputer dan laptop membutuh budget yang cukup besar. Seiring dengan perkembagan zaman maka baik komputer maupun laptop sangat di butuhkan. Anak kuliahan sekarang bahkan rata-rata sudah memiliki laptop masing-masing untuk mempermudah tugas kuliah nya atau pun karyawan yang berkutat dalam pembuatan dokumen penting sangat membutuhkan laptop. Karena terlalu sibuk dengan pekerjaan kadang kita melalukan perawatan yang baik terhadap laptop dan komputer.

Setiap orang memiliki kebiasaan tersendiri dalam merawat laptop atau komputer. Salah satu nya bagaimana dia mematikan komputer atau laptop. Sebagian orang memilih untuk mematikan secara penuh atau sering disebut shut down. Kadang ada yang hanya memilih sleep, dan ada juga yang menghibernate.

Kebutuhan Akan Penggunaan Perangkat

Dalam cara mematikan komputer atau laptop sebenarnya dari kebutuhan si pengguna. Apabila pekerjaan di laptop atau komputer Anda sudah selesai dan rencananya Anda tidak akan menggunakan dalam waktu yang lama lebih bagus memilih untuk shut down. Karena kondisi akan secara penuh mengistirahatkan laptop/komputer Anda.

Namun disisi lain kita sering kali harus meninggalkan laptop dalam waktu yang cukup lama, tapi masih ada pekerjaan yang belumm selesai. Maka ada baiknya memilih hibernate, kondisi ini akan mempertahankan aplikasi yang di running walaupun dalam waktu yang cukup lama.

Kondisi lainnya adalah ketika meninggalkan pekerjaan tapi dalam waktu yang singkat. Maka mode sleep menjadi pilihan yang sering digunakan. Karena mode ini memerintahkan laptop atau komputer masuk ke dalam daya rendah. Jadi apabila pekerjaan kita belum selesai ketika ingin di lanjutkan Anda cukup menekan tombol keyboard atau kadang cukup mengklikkan mouse agar parangkat komputer/laptop aktif lagi.

Namun sejalan dengan perkembangan teknologi yang lebih maju, ada beberapa seri komputer maupun laptop yang diciptakan untuk memungkinkan penggunaan perangkat tanpa harus mematikan nya. Jadi tidak terlalu bermasalah ketika Anda tidak mematikan nya dalama waktu yang lama. Untuk tipe laptop atau komputer seperti ini bisa di cek di  toko distributor komputer di kota Anda.

Apa sih akibat nya apabila komputer atau laptop yang kita gunakan tidak pernah kita matikan? Ternyata apabila kita tidak mematikan laptop atau pun komputer kita akan berdampak pada kinerja software dan applikasi yang melambat. Ini disebabkan karena adany junk yang terus menumpuk karena tidak pernah di matikan (shut down).

Sementara jika di dilihat segi hardware, apabila jarang di matikan maka ini mengharuskan hardware dipaksa bekerja terlalu keras dan lama. Karena hardware ini berfungsi untuk mempertahanan kinerja program dan aplikasi yang Anda gunakan. Karena itu pasti akan membuat laptop atau komputer lemot.

Jadi sebaiknya Anda mulai lebih sering mematikan Komputer dan Laptop Anda agar tidak berdampak buruk nantinya.

Share this post