Inilah 3 Tips Merawat Komputer atau PC Agar Awet Tahan Lama

Inilah 3 Tips Merawat Komputer atau PC Agar Awet Tahan Lama

Komputer atau PC mungkin sebagai alat yang sering kita gunakan dalam membantu pekerjaan kita. Untuk itu kita juga paham bagaimana tips merawat komputer agar awet. Karena komputer sebenarnya kita karena terlihat tertutup CPU nya, sering kita mengabaikan untuk merawatnya. Jangan biarkan kondisi seperti ini agar komputer kita tidak rusak dan tahan lama seiring pemakaian kita untuk beberapa tahun ke depan.

Tips Merawat Komputer atau PC Agar Awet

Merawat komputer harus kita lakukan dengan membersihkan kotoran yang masuk ke dalam casing komputer yang bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen yang ada di dalamnya. Membiarkan berarti menjadikan komputer kita tidak bisa awet atau tahan lama. Oleh sebab itu hokijaya toko komputer di medan, menuliskan beberapa 3 tips merawat komputer atau PC agar awet tahan lama.

Cara merawat komputer agar tahan lama

1. Wajib untuk membersihkan bagian dalam komputer / PC . Dalam kurun waktu sebulan sekali maka wajib membersihkan bagian dalam komputer kita. Kita tahu bagian dalam komputer itu tertutup, namun tetap aja ada debu atau kotoran masuk ke dalamnya. Semakin lama kita tidak membersihkan bagian dalam komputer akan semakin banyak debu yang menumpuk pada komponen PC. Nah ini dikhawatirkan terjadinya kosleting, dan jelas kita mesti mencegah kondisi ini daripada membeli baru lagi apabila rusak.

2. Memberikan sirkulasi udara dengan menggunakan Kipas. Kipas yang kita pasang pastikan akan membuang panas. Artinya kipas dari dalam PC mengarahkan keluar jangan terbalik. Karena kipas ini sebanarnya untuk membawa angin agar kondisi di dalam PC tetap adem.

Disamping itu kipas yang di arahkan keluar pastinya lebih sedikit membawa partikel debu, sedangkan jika kipasnya mengarh ke dalam dipastikan akan membawa banyak debu. Kisaran 3 hari kemungkinan PC sudah terisi debu yang banyak karena arah kipas yang masuk ke dalam.

Yang menjadi perhatian adalah power supply nya, Karena tambahan kipas akan menambah beban daya listrik yang di butuhkan. Power supply memasok listrik untuk seluruh komponen PC, agar tidak terganggu kinerja nya maka perhatikan jumlah kipas yang kita pasang tidak berlebihan.

3. Setiap 4-5 bulan sekali sebaiknya Anda membokar komponen komputer /PC agar di bersihkan. Membersihkan setiap sudut bagian dalam komputer hingga komponen PC sangat di anjurkan. Pin-pin yang terhubung ke motherboard dibersihkan, cek juga thermalpasta pada komponen yang membutuhkan.
Setelah di bersihkan perhatikan juga pemasangannya, posisi Hardisk dan DVD room dalam kondisi sejajar atau datar (jangan miring). Karena dikhawatirkan terjadi gesekan piringan hard drive maupun DVD apabila posisi miring . Jika sudah tergores piringannya sudah pasti Anda akan mengganti yang baru

Share this post