6 Cara Atasi Komputer Lemot Lebih Mudah dan Efektif (Terbukti)

6 Cara Atasi Komputer Lemot Lebih Mudah dan Efektif (Terbukti)

komputer lemot

Tak bisa dipungkiri Pc maupun Laptop sudah menjadi perangkat yang sangat di butuhkan banyak orang. Oleh sebab itu, akan sangat menyebalkan saat komputer lemot atau lambat kinerjanya.

Ada beberapa penyebab kondisi ini bisa terjadi, namun terkadang tidak semua pengguna Windows mengetahui penyebabnya. Masalah komputer lemot bisa sering terjadi pada saat tertentu, tetapi ada cara untuk mengatasi lemotnya kinerja komputer kita agar bisa kembali kinerjanya normal.

1. Reboot komputer
Penyebab lemotnya kinerja komputer biasanya karena terlalu banyak penggunaan program atau aplikasi yang berjalan bersamaan. Tapi tidak jarang pula kita temukan Window melambat tanpa di ketahui penyebabnya.
Oleh sebab itu, pilihan yang yang sering digunakan adalah dengan reboot. Ketika komputer mulai lemot dan ternyata setelah direboot tidak berpengaruh maka bisa menggunakan cara troubleshooting

2. Banyak Program Running bersamaan

Tidak di sangkal, Windows mempunyai berbagai software yang memiliki fungsi berbeda yang membantu kita. Kebanyakan program yang di install jumlahnya cukup banyak dan berjalan bersamaan sementara kondisi komputer lemot sering hang , tidak bisa bekerja optimal. Kondisi ini akan membuat PC menjadi tidak berjalan dengan baik. Namun sebenarnya kita bisa mematikan paksa ketika program tersebut mempengaruhi kinerja komputer kita. Sering menggunakan pilihan end task untuk program yang berjalan lemot.

3. Malware menyerang komputer

sering kali kita tidak menyadari kalau program komputer kita berjalan lemot karena pengaruh negatif malware. Malware yang menyerang secara di belakang (background) bisa mengkibatkan gangguan di sumber daya sistem. Untuk solusi malware ini bisa di gunakan anti virus. Jalankan antivirus agar mengecek dan menghilangkan berbagai jenis malware di komputer Anda. Lakukan update antivirus agar mencegah masuknya malware jahat lainnya.

4. Hard Drive Hampir Penuh

Sebaiknya Anda mencek Hard Drive komputer Anda ketika performa komputer mulai lemot. Hard Drive yang kapasitasnya mulai penuh menjadi salah satu penyebab komputer lemot. Sediakan ruangan untuk Hard Drive agar bisa bekerja optimal ketika kita menjalankannya.

5. Ganti Hardware
Faktor komputer lemot terkadang menyebabkan kita mesti mengganti hardware. Dengan memilih hardware yang spesifikasi lebih bagus dari sebelumnya walaupun harga lebih mahal nanti tapi akan sangat membantu kinerja komputer. Memilih harga yang sesuai dengan budget kita di distributor komputer Medan. Pastikan juga Ram komputer memiliki kapasitas yang cukup besar.

6. Install ulang Windows

Apabila langkah -langkah sebelumnya tidak memberikan dampak yang cukup bagus Anda mungkin bisa mencoba untuk install ulang komputer. Terkadang solusi terakhir dengan menginstal ulang window bisa memperbaik kinerja komputer yang lambat. Namun install ulang windows pekerjaan yang sangat merepotkan, karena kita mesti memindahkan berbagai file komputer kita. Apabila terlupa maka dipastikan file akan hilang saat proses instal ulang windows.

Share this post